Rabu, 20 Agustus 2008

Tips Jika Kamera Masuk Ke Air

Pengalaman Ini Terjadi saat saya mengadakan perjalanan di Telaga Sarangan (Baca Artikel Sebelumnya Red:) Hehehe....
Nah Waktu itu kita akan melaksanakan ekspedisi kembali dari Lokasi Air Terjun Ke arah Telaga... (Maklum waktu itu perut sudah laper) nah... Pas kita turun melewati bebatuan yang pada waktu itu lagi dilaksanakan pembangunan kolam renang bertingkat, saya mengambil foto dengan kamera fuji MPIX (punya teman saya) setelah mengambil beberapa foto mengenai teman teman saya yang sedang melompat-lompat turun menuruni bebatuan, saya menitipkan kamera tersebut pada teman saya yang sudah turun dibawah terlebih dahulu... (takut kalo kameranya jatuh trus nyemplung ke air...) nah Waktu itu, kamera dimasukkan ke kantong jumpernya yang longgar.... pas jalan beberapa langkah, teman saya itu ingin memegang-megang air dari air terjun yang dingin banget... Nah pas dia jongkok baru megang airnya, ehhh.. kameranya langsung loncat indah mengikuti aliran airnya yang cukup deras... (Jangan pernah mengantungi kamera di tempat yang rawan jatoh, kalo bisa di cantelin di tangan...)
Nah setelah menyadari bahwa kamera tersebut tidak mempunyai sirip dan insang untuk berenang (hahaha) teman saya langung mengobok2 air dan mendapatkan kamera tadi yang berenang di air.... Saat di angkat... Byurrr.... air mengalir dari casing dan dalam kamera.....
Melihat hal itu.... saya langsung mengambil langkah sebagai berikut....
1. Segera mencopot baterai yang ada di dalam kamera tersebut
2. Segera mencopot memory card yang ada di dalam kamera tersebut
3. Segera mencoba mengeringkan kamera tersebut dan mengelap-ngelapkannya di baju saya
4. Mencoba mengebas2kannya secara wajar, minimal untuk mengurangi air yang ada di dalam kamera...
5. Buka semua port-port yang mungkin tertutup di dalam kamera...
Di sarangan, udara cukup lembab, walhasil layar lcd nya cukup terkena embun... nah usahakan untuk tetap menghangatkannya dengan mengusap usapkanya di pakaian yang agak tebal...
Jangan menyalakan kamera sebelum benar2 kering.... Sesampai di kamar, saya langsung meminta teman saya untuk mengeringkan kamera tadi dengan kipas, kompresor atau penghangat lainya... Kurang lebih satu malam,
Hasilnya... Pagi harinya, Kamera bisa kembali digunakan dan tidak ada masalah... Yupz... Have a nice try!

Tidak ada komentar: